Sunday, November 8, 2015

Rubber Crumb


Rubber crumb merupakan produk hasil dari pengolahan limbah dari ban bekas, kalau di Indonesia disebut serbuk karet atau gilingan karet dari ban. Sebenarnya Rubber crumb asal mulanya dari USA, dimana begitu banyaknya ban yang dibuang dan dibakar dan mengakibatkan polusi. ( lihat video : Recycling Rubber Tires )
Karena menimbulkan pencemaran lingkungan beberapa ilmuwan mencari jalan keluar, yang pada akhirnya di uji coba dengan mencampurkannya dengan aspal, hasilnya diseluruh penjuru Amerika jalan hotmix sudah memakai rubber crumb dengan hasil kualitas terbaik. Rubber crumb untuk pertama kali digunakan oleh perusahaan Phonix pada tahun 1960 untuk pengaspalan jalan ( lihat video : Asphalt Rubber Paving ) , Kini penggunaan rubber crumb sudah dipakai untuk pembuatan arena balap mobil F1
Di Indonesia pemakaian Rubber crumb masih sebatas uji coba, barangkali aspal disini melimpah dan bila di pakai Rubber crumb akan menambah biaya anggaran, tetapi bila mengikuti procedur seperti di Amerika sebenarnya pemakaian Rubber crumb jauh lebih murah dibandingkan pemakaian dengan aspal murni.
Bila dianalisa pemakaian rubber crumb untuk jalan Hotmix jauh lebih awet karena rubber crumb bisa mengikat antar partikel, ini berbeda dengan aspal murni yang bisa leleh terkena sinar matahari dan terdapat retak rambut ( barangkali para ahli jalan di Indonesia perlu study lagi di USA, agar jalan raya di Indonesia lebih tahan lama yang saat ini masih tambal sulam )
Semoga jalan di Indonesia seperti jalan di Amerika atau seperti tetangga kita Malaysia
God Bless you

Kontak kami :




No comments:

Post a Comment