Friday, November 27, 2015

Karpet Sapi untuk Sapi Potong



             Semenjak pemerintah berencana mengimport sapi indukkan info Liputan 6 , sebanyak 0,5 ekor dari Negara penghasil sapi sepert Australia, Selandia Baru dan India, merupakan suatu antusias baru bagi para peternak besar, karena untuk impor sapi diperlukan pemeliharaan dan lahan yang besar, dan pemerintah akan mengajak pihak swasta yang telah berpengalaman untuk ikut berperan dalam penggemukan dan pengembang biakan , karena itu pemerintah melalui bulog akan menyalurkan sapi indukan impor kepada pihak swasta yang berpengalaman dan memiliki feedlotter besar.
             Karena untuk memiliki feedlotter diperlukan investasi besar, hal ini menyangkut kandang, lahan , supply bahan pakan ternak dan Management. Investasi ini tidak mungkin dikeluarkan pemerintah karena anggaran yang tersedia terbatas.
             Dalam hal menyangkut Kandang sapi khusus indukkan, diperlukan spefikasi, karena sapi indukkan sama halnya dengan pabrik sapi yang nantinya indukkan ini akan menghasilkan bibit untuk penggemukkan.



              Dalam mendisain kandang sapi ini diperlukan rencana yang matang, karena tanpa perencanaan ini maka investasi yang ditanamkannya akan terbuang secara sia-sia. Perencanaan ini bisa di dapat dari berbagai refrensi dan Artikel cendekiawan bagi kandang sapi potong atau lainnya secara sederhana atau modern . Khususnya yang sering kurang diperhatikan adalah lantai sapi yang terbuat dari beton yang mengakibatkan sapi sering mengalami luka dan bisa mengundang berbagai penyakit. Sebaiknya lantai diberi alas seperti Karpet sapi, agar sapi ini merasa nyaman dan produktif sehingga pertumbuhan daging semakin meningkat.


Sebelum menggunakan Karpet Karet

  1. Lantai dari semen menyebabkan kurang higienis, disamping itu licin sehingga mengakibatkan sapi mudah jatuh dan terluka ( lecet ).
  2. Sapi sering mengalami luka dan mudah terserang penyakit, seperti kuku sapi yang mengakibatkan bengkak dan persendian yang lecet. Disamping itu sapi mudah terkena penyakit Ematitis ( penyakit ini menyerang puting susu )
  3. Sapi mengalami kurang tidur karena merasa kurang nyaman atau kurang pulas  yang mengakibatkan tidak produktif.

  

Setelah menggunakan Karpet Karet

  1. Kandang jadi lebih mudah dibersihkan yang sebelumnya kotoran yang menempel lantai semen mudah licin, sehingga lantai kandang lebih bersih dan higenis.
  2. Dengan memakai karpet sapi , maka dapat mengurangi kuman penyakit yang setiap saat menyerang sapi, sehingga sapi jarang mengalami luka dan infeksi seperti lecet, bengkak atau penyakit ematitis.
  3. Sapi menjadi merasa nyaman dan tidur lebih pulas yang mengakibatkan nafsu makan bertambah 





           
Tentunya sangat menyenangkan bila peternak memiliki sapi sehat dan gemuk yang tentunya akan meningkatkan pendapatan para peternak, apalagi di Indonesia masih kekurangan daging sapi yang membuat pemerintah harus mengimpor sapi dari negara lain. Pemerintah merencanakan akan mengimpor 500.000 sapi dari Australia dan Selandia baru atau negara penghasil sapi, suatu peluang bagi para peternak berlomba-lomba untuk meningkatkan produksi sapinya bila tidak tentunya pemerintah akan kembali import.

Spefikasi Karpet karet untuk sapi
  1. Kuat dan tidak mudah patah.. Tahan lama dan anti jamur.
  2. Tidak licin dan anti slip.
  3. Tahan terhadap segala cuaca.
  4. Mudah dibersihkan , praktis dan fleksible
  5. memiliki sertifikasi ISO 9001 : 2008
  6. Ukuran standard : 1.1 m x 2 m x 12 mm dan 1.2 m x 1.83 n x 12mm 





Peternakan sapi Brahman


Peternakan sapi Red Brahman



Peternakan Sapi Limousin




Terima kasih sudah membaca blog Karpet sapi untuk sapi potong





No comments:

Post a Comment